Wakil Bupati Natuna Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti Ma melakukan kunjungan kerja ke Kelarik Kecamatan Bunguran Utara, Jumat (02/02/2018) pagi.

Pada kunjungan tersebut, Wakil Bupati Natuna Hj. Ngesti didampingi Sekretaris Pertanian Sofiandi, Sekretaris Disdikpora Tabrani, Sekretaris Dinas Kesehatan Muhammad Faisal, Syamsul Anwar Kasubag Pemberitaan dan sejumlah awak media.

Setibanya di Kelarik, Wabup Ngesti beserta rombongan melakukan peninjauan ke lokasi cetak sawah dan peninjauan lokasi irigasi di Ulu Timur Desa Kelarik Utara. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan konferensi pers di Gedung Serbaguna Kecamatan Bunguran Utara.

Dalam konferensi pers, Wabup Ngesti Yuni menyampaikan tentang percetakan sawah yang baru saja ditinjaunya. Percetakan sawah ini adalah program pemerintah pusat yang secara otomatis pemerintah daerah harus menindak lanjuti.

“Percetakan sawah ini merupakan wujud untuk meningkatkan swasembada beras khususnya dalam bidang ketahanan pangan. Untuk percetakan sawahnya sudah terealisasi dengan baik,” papar Ngesti.

Namun, kata dia, dalam mencapai keberhasilan harus ada upaya pendampingan. Contohnya seperti petani yang tidak paham dalam bercocok tanam harus di dampingi oleh instansi terkait yakni Dinas Pertanian. Anggota TNI juga berperan dalam percetakan sawah ini yakni sebagai pelaksana dan pengawas langsung.

“Saya harap, kita jangan pesimis dulu. Karena belum kelihatan hasilnya, yang jelas sudah ada upaya dari pemerintah daerah khususnya Dinas Pertanian untuk mendampingi secara tekhnis serta sudah disediakan sarana dan prasarananya dari pusat. Pengolahan lahan itu, proses dan berhasil atau tidaknya dibutuhkan waktu,” ujar Wabup Ngesti.

Sementara, Sekretaris Dinas Pertanian Natuna, Sofiandi mengatakan Natuna diberi perhatian khusus oleh pusat dalam bidang sektor pangan. Tahun ini dialokasikan 200 hektar. Kedepan Natuna diharapkan produksi berasnya bisa meningkat dan swasembada.

“Kita lihat sekilas belum begitu meyakinkan, namun dari hasil survei tim ahli Universitas Riau kondisi tanah saat ini diperkirakan sangat memungkinkan untuk keberhasilannya. Untuk bibit memang kita terbentur oleh cuaca, sehingga Desember baru sampai. Lalu petani juga belum mempunyai skill dalam bertani. Kami akan melakukan pendampingan dan pembinaan. Kami berharap produksinya bisa meningkat dalam 2 sampai 3 kali tanam,” ucap Sofiandi.

Dikesempatan itu, Camat Bunguran Utara Izhar S.Sos juga menyampaikan untuk saat ini cetak sawah sudah rampung sekitar 68 hektar.

“Sudah rampung 68 hektar di Ulu Timur Kecamatan Bunguran Utara yang terdiri dari 55 KK. Setiap KK mendapat satu hektar dan ada yang lebih,” kata Izhar.

Usai konferensi pers, Wabub Ngesti melanjutkan kegiatan kunker dengan meninjau lokasi pembangunan Puskesmas dan taman kanak – kanak (TK) negeri serta pembangunan jalan raya kecamatan yang baru selesai dibangun.

Selanjutnya Wabup Ngesti beserta rombongan melaksanakan ibadah Shalat Ashar berjamaah di Surau Al – Mumtazd Desa Gunung Durian serta diadakan juga kegiatan pengajian bersama ibu – ibu di Kecamatan Bunguran Utara dan ceramah agama oleh Tirtayasa.

Kemudian, pada malam harinya Wabup Ngesti beserta rombongan melanjutkan perjalanan dan melaksanakan ibadah Shalat Magrib berjamaah di masjid yang berbeda yakni Masjid At – Taqwa serta diisi juga dengan ceramah agama oleh Tirtayasa bersama masyarakat Kecamatan Bunguran Utara. Setelah kegiatan kunker usai, Wabup Ngesti kembali ke kediamannya. (MANALU)

Sumber: https://www.metrokepri.com/wakil-bupati-natuna-tinjau-lokasi-cetak-sawah-desa-kelarik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *